Sabtu, 07 Desember 2013

Pengalaman membuka usaha warnet

Pertama kali saya membuka usaha warnet, sayabanyak sekali mengalami kendala terutama mengenai Virus, komputer sering hang, dan masih banyak pertanyaan yang di ajukan pelanggan kepada aku sementara saya sendiri tidak bisa jawab. Selama 3 bulan berjalan saya pelajari seluk beluknya yang akhirnya sampai sekarang ini semua bisa kuatasi sendiri walaupun belum secara detail. Menurut pengalaman saya sendiri, ini ada sedikit tips bagi rekan-rekan yang ingin membuka usaha warnet :

1. Tempat, merupakan faktor penting dalam membuka usaha warnet. Kalo bisa di pinggir jalan raya Lokasi paling penting kalau mau buka warnet. Tapi, kalau warnet kita punya kelebihan sendiri, maka walau jauh sekalipun pasti pelanggan tetap datang.
2. Perhatikan daya listrik yang dimiliki, karena kalau kurang/tidak mencukupi bakal ada
masalah sering jatuh listriknya dan yang perlu diperhatikan juga, mau berapa komputer yang dipasang dalam satu warnet.
3. Untuk modal sangat relatif karena tergantung warnetnya sendiri mau bisa untuk apa saja.
4. Perlu tenaga ahli yang handal yang tahu benar masalah komputer dan internet.
5. Kenyamanan baik di dalam ataupun di luar ruangan, agar pengguna warnet merasa betah berlama-lama di ruang warnet.
6. Koneksi internet yang cepat dan mempunyai kehandalan yang tinggi tapi tergantung lokasi warnet yg akan berdiri.
7. Harga per/jam yang relatif bersaing dengan yang lain. Jadi lengkapi fasilitas warnet dengan menyediakan printer dan kabel data dan juga sediakan head set dan cdrom, usb drive.
8. Dilengkapi printer karena ini hasilnya juga lumayan karena banyak anak sekolah dan mahasiswa yang mengerjakan tugas di warnet.
9. Pelayanan yang ramah, operator juga harus ramah dan mau mengajari para pelanggan baru.
10. Operator yang jujur, karena tidak semua fasilitas bisa dicatat di billing.
11. Gunakan software antivirus terbaru atau anda juga bisa menggunakan program deepfrezz seperti yang aku gunakan untuk warnet.

12. Sediakan voucher game, karena mayoritas yang bermain warnet ini adalah kalangan pecinta game online maka sedikan voucher game supaya pelanggan betah main diwarnet. karena hasilnya juga lumayan dan bisa menarik pelanggan.

0 komentar:

Posting Komentar