Kamis, 30 Mei 2013

Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi

a. Jenis-jenis kesalahan
  •   Kesalahan Persepsi
  •   Kesalahan Kognitif 
  •  Kesalahan Motor (Gerak)
b. Petunjuk Pencegahan Kesalahan
  •   Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode   tersebut.
  •   Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
  •   Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
  •   Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
  •   Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
  •   Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
  •   Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.
 c. Petunjuk Memperbaiki Kesalahan
-          Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
-          Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan  yang salah.
-          Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
-          Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak.
-          Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data.
-          Mengembalikan kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
-          Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
-          Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif.

d. JENIS-JENIS DARI DOKUMENTASI/HELP                                                                                
T       Tidak pernah suatu penggantian untuk desain tidak baik, tetapi penting.
         Sistem sederhana -> user memanggil dan menggunakannya, berikan nama.
Hampir sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkan help/bantuan.

sumber : http://sudariagus.blogspot.com/2012/05/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
 

0 komentar:

Posting Komentar