Minggu, 25 November 2012

Jawaban Proses manajemen proyek

Jawaban Proses manajemen proyek

  1. Manajemen proyek adalah suatu proses perencanaan, pengaturan, kepemimpinan, dan pengendalian dari suatu proyek oleh para anggotanya dengan mengoptimalkan sumber daya seoptimal mungkin  untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan
  2. Proses adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, mungkin menggunakan waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan suatu hasil.
  3. Dengan adanya manajemen proyek maka akan terlihat batasan mengenai tugas, wewenang dan tanggung jawab dari pihak-pihak yang terlibat dalam proyek baik langsung maupun tidak langsung, sehingga tidak terjadi adanya tugas dan tanggun jawab secara bersamaan.
  4. Memulai, Perencanaan, Pelaksana, Pemantauan & pengendalian dan Penutupan.
  5. Dalam membuat proyek harus ada proses perencanaan yaitu untuk menetapkan ruang lingkup proyek, menyempurnakan tujuan, dan menentukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bahwa proyek ini dilakukan untuk mencapai.
  6. Proses tersebut dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditetapkan dalam rencana manajemen proyek untuk memenuhi spesifikasi proyek.
  7. yaitu untuk melacak, review, dan mengatur kemajuan dan kinerja proyek; mengidentifikasi area di mana perubahan rencana yang diperlukan, dan memulai perubahan yang sesuai
  8. Membimbing eksekusi
  9. Proses tersebut dilakukan untuk menyelesaikan semua kegiatan di semua Grup Manajemen Proyek Proses untuk secara resmi menutup proyek.
  10. Knowledge berperan penting dalam sebuah manajemen proyek terutama dalam pengawasan grup proses manajemen proyek. Dimana grup proses adalah suatu rencana demi kelancaraan proyek agar lebih mudah dalam memulai proyek dan tugas knowledge ialah memonitor segala hal dari berbagai aspek yang terjadi didalam grup proses.
  11. merupakan tahap awal kegiatan proyek sejak sebuah proyek disepakati untuk dikerjakan.
  12. Manajer proyek
  13. Kepemimpinan seorang manajer proyek harus ditunjukkan pada semua tahapan proyek, Manajer proyek mempunyai otoritas dan kebebasan dalam mengatur proyek, Manajer proyek bersama dengan tim manajemen proyek harus mengkoordinir dan  mengarahkan berbagai alat penghubung teknis dan organisasi yang ada dalam proyek, Manajer proyek bersama dengan pemberi kuasa menyediakan sumber daya organisasi untuk merancang aktivitas proyek.
  14. Kemampuan konseptual, Kemampuan interpersonal, Kemampuan administrasi, Kemampuan teknis
  15. Kemampuan teknis melingkupi pengetahuan dan pengalaman dalam hal proyek itu sendiri, dengan mengetahui prosedur-prosedur dan mekanisme proyek. Kemampuan ini biasanya didapatkan dari penimbaan ilmu khusus, misalnya Institut Manajemen Proyek
  16. Perencanaan sebuah proyek akan menjadi tidak berguna ketika tidak ada komunikasi yang efektif antara manajer proyek dengan timnya. Setiap anggota tim harus mengetahui tanggung jawab mereka.
  17. Manajemen waktu proyek merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang manajer proyek. Manajemen waktu proyek dibutuhkan manajer proyek untuk memantau dan mengendalikan waktu yang dihabiskan dalam menyelesaikan sebuah proyek.
  18.  Yaitu landasan untuk pengambilan keputusan proyek dimasa depan
  19. Yaitu harus mencapai sasaran-sasaran dan tujuan proyek dengan menyadari adanya batasan-batasan yang telah dipahami sebelumnya dan bagaimana mengoptimasikan dan pengalokasian semua sumber daya dan mengintegrasikannya untuk mencapai tujuan proyek yang telah ditentukan.
  20.  Kontrak tim, Scope statement, Work breakdown structure,  Jadwal proyek, dalam bentuk bagan Gantt dengan semua dependensi dan sumber daya masuk, Sebuah daftar resiko prioritas (bagian dari sebuah register resiko).

0 komentar:

Posting Komentar