Jumat, 30 September 2011

Cara menulis yang baik dan benar di Internet

Cara menulis yang baik dan benar di Internet
 Sebenernya kalo kita mau menulis yang baik dan benar itu susah-susah gampang. Susahnya kalo kita udah terbiasa nulis ngga pake bahasa baku pasti dalam tulisan kita itu juga ngga baku dan terbiasa menulis yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah berbahasa yang baik. Gampangnya balik lagi sama kebiasaan kita, kalo kita udah terbiasa nulis sesuai tata cara penulisan yang baik dan benar pasti gampang dech.
Kaya gini penulis kasih saran yah buat tulisan yang baik dan benar :



  1. Baiknya anda memiliki Topik tulisan terlebih dahulu, agar anda tidak kebingungan dalam menulis.
  2. Dalam tulisan haruslah anda menggunakan kata-kata yang baku (sesuai kaidah-kaidah menulis dalam pelajaran bahasa Indonesia).
  3. Dalam tulisan tidak mengandung unsur-unsur pornografi, kriminal dan lain-lain. Karena didalam situs internet siapa saja, dan dimana saja orang bisa membukanya. Apalagi di zaman sekarang seperti ini anak kecil sekalipun sudah bisa membuka internet jadi tidak pantas rasanya jika didalam tulisan kita terdapat hal-hal yang negativ seperti yang penulis sampaikan diatas and melanggar norma-norma yang berlaku dinegara kita ini.
  4. Didalam tulisan tidak menulis kata-kata yang bertele-tele (maksudnya terlalu rumit atau panjang) karena biasanya pembaca akan malas membacanya.
  5. Janganlah  membuat tulisan yang berisi sindiran atau ejekan kepada orang atau            apapun karena jika orang itu membaca dan tidak menyukainya maka anda sendiri yang akan mendapat sanksinya.
  6. Biasakan menulis yang Original(asli) hasil pemikiran sendiri walaupun tulisannya kurang seru ga apa-apa. Dari pada menyontek tulisan orang lain yah klo dikit sech ga apa-apa tapi jangan ampe semuanya Cuma tinggal COPAS(copy paste) saja. Nanti malah dibialng Plagiat lho, terus ntar malah dimarahin penulis aslinya dah.
Demikianlah saran dari penulis tentang bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Tetapi saran tentang cara menulis yang baik dan benar ini masih memiliki banyak kekurangan dan salah untuk itu penulis mohaon maaf jika tulisan dari saya ini kurang berkenan di hati para pembaca. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih.

Sumber : http://angelarisma.ngeblogs.com/2009/11/24/cara-menulis-yang-baik-dan-benar-di-internet/

1 komentar: