Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem
yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut.
Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian,
karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah
gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis,
semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang
memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan.
Meski pada umumnya panduan interface menyarankan agar ikon tidak
diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen interface
lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di
sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa
bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua
lambang ikon bisa bersifat universal.
Meskipun penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti
pemilihan istilah, sering sekali dianggap kurang begitu penting.
Terlebih dari itu dalam dunia desain situs Web yang serba grafis, bahasa
sering menjadi sesuatu yang nomor dua ketimbang elemen-elemen interface
lainnya.
Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem
yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut.
Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian,
karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah
gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis,
semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang
memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan.
Interface ada dua jenis, yaitu :
Interface ada dua jenis, yaitu :
- Graphical Interface : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna.
- Text-Based : Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.
b. Graphical Interface
Ada 5 tipe utama interaksi untuk interaction:
- Direct manipulation – pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games. Kelebihan : Waktu pembelajaran sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat. Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek.
- Menu selection – pilihan berbentuk menu : Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki. Kelebihan : tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah. Kekurangan : Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert dibanding command language.
- Form fill-in – pengisian form : Mengisi area-area pada form. Contoh : Stock control. Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan.
- Command language – perintah tertulis : Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system. Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file. Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.
- Natural language – perintah dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet. Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata. Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.
c. Tipe-tipe user interface
• User interface bahasa alamiah
• User interface pertanyaan & jawaban
• User interface menu-menu
• User interface formulir isian
• User interface bahasa perintah
• User interface GUI
(Graphical User Interface)
• User interface pada web, dll.
Tujuan Antar Muka (interface) Pengguna
Menyesuaikan antar muka pengguna dgn tugas.
• Membuat antar muka pengguna menjadi efesien.
• Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna.
• Memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
• Memperbaiki produktivitas dari pengetahuan pegawai
User Interface Bahasa Alamiah
• Ideal bagi user yang tidak berpengalaman, karena interface menggunakan bahasa sehari-hari
• Adanya perbedaan bahasa antara komputer & manusia sehingga diperlukan penerjemah yang mampu menerjemahkan 2 arah.
User interface menu-menu
• Menyediakan
daftar pilihan dalam jumlah yang terbatas yang biasanya berupa suatu
kalimat atau kumpulan beberapa kata sehingga pengguna dapat menetukan
pilihannya
• Jenis berdasarkan teknik penampilan pilihan-pilihannya
– sistem menu datar
» menampilkan semua pilihan secara lengkap
– sistem menu tarik
» menampilkan daftar pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu
d. Tipe Interaksi
Pemilihan tipe
interaksi yang tepat dapat memberikan efek yang baik terhadap dialog antara
user dengan komputer. Terdapat beberapa tipe interaksi yang umum digunakan,
yaitu :
1. Command Line
Interface (CLI)
Merupakan bentuk
dialog interaktif yang pertama digunakan dan masih dipakai hingga saat ini.
Dengan CLI, user memberikan instruksi secara langsung kepada komputer
menggunakan tombol fungsi, karakter tunggal, command dalam bentuk singkat
maupun panjang. CLI memungkinkan user mengakses dengan cepat fungsi sistem dan
beberapa tools.
2. Menu
Pada menu-driven
interface , sekumpulan opsi / pilihan yang tersedia bagi user ditampilkan pada
layar dan dapat dipilh dengan menggunakan mouse atau tombol numerik maupun
alfabetik. Pilihan pada menu harus merepresentasikan arti dan dikelompokkan
berdasarkan suatu kategori agar mudah dikenali dan memudahkan user memilih
sesuai dengan tugas yang akan dilaksanakan.
3. Natural
language
Mungkin merupakan
mekanisme komunikasi yang atraktif. Umumnya, komputer tidak dapat mengerti
instruksi yang dituliskan dalam bahasa sehari-hari. Natural language dapat
mengerti input tertulis (written input) dan suara (speech input). Namun masih
ada kekurangan dalam hal ambiguity (kerancuan) pada aspek sintaks dan semantik.
4. Q/A & query
dialogue
Merupakan
mekanisme sederhana untuk input pada beberapa aplikasi. User diberikan
serangkaian
pertanyaan umumnya dalam bentuk jawaban ya/tidak (Y/N), pilihan
ganda atau dalam
bentuk kode, dan dibimbing tahap demi tahap selama proses
interaksi.
Interface ini mudah dipelajari namun terbatas fungsinya.
5. Form-fills and
spreadsheet
Form-fill utamanya
digunakan untuk aplikasi pemasukan (data entry) dan pencarian (data retrieval)
data. Bentuk form-fill adalah berupa display yang menyerupai selembar kertas
dengan beberapa slot / field untuk diisi. Spreadsheet adalah variasi dari
form-fill. Spreadsheet terdiri dari sel yang dapat berisi nilai atau formula.
6. WIMP interface
(Windows, Icons, Menu, Pointers)
WIMP merupakan
default interface untuk sebagian besar sistem komputer interaktif yang
digunakan saat ini terutama pada PC dan desktop workstation.
Window
merupakan area
layar yang berprilaku seperti terminal independent dan berisi grafik atau teks
yang dapat dipindahkan dan idiubah ukurannya. Satu layar dapat terdiri dari
lebih 1 window yang memungkinkan lebih dari satu tugas aktif pada saat yang
sama. Icon merupakan sebuah gambar kecil yang digunakan untuk merepresentasikan
windows yang sedang berada dalam keadaan tertutup (closed). Window dapat diaktifkan
/ diperbesar dengan meng-klik icon yang bersangkutan, dan sebaliknya jika user
tidak menggunakan / mengerjakan tugas pada satu window tertentu maka dia dapat
menon-aktifkan window menjadi icon yang disebut sebagai iconifying . Menu
adalah tehnik interaksi yang umum digunakan bahkan oleh sistem non-window
sekalipun. Menu menampilkan pilihan operasi atau layanan yang diberikan /
tersedia oleh sistem. User dapat memperoleh petunjuk mengenai operasi apa saja
pada sistem melalui menu. Oleh karena itu penamaan pad amenu haruslah memiliki
arti dan informatif. Pointer merupakan komponen yang penting dalam sistem WIMP
karena interaksi pada sistem ini memerlukan aktifitas menunjuk (pointing) dan
memilih (selecting). User diberikan cursor pada layar yang dapat dikendalikan
oleh peralatan input seperti mouse, joystick, ataupun trackball.
Kesimpulan :
Jadi Interface
merupakan salah satu media yang digunakan komputer untuk berkomunikasi dengan
manusia. interface di komputer dikenal dengan GUI (Graphical User Interface).
Dan dalam interaksi manusia dengan Komputer, Pemilihan tipe interaksi yang
tepat sangat diperlukan karena dapat memberikan efek yang baik terhadap dialog
antara user dengan komputer.
0 komentar:
Posting Komentar